• Senin, 17 Januari 2011 jam 11.00 WIB (Ruang Sidang B Fakultas ELKO)

    Entah gimana proses detailnya pada intinya perjalanan PA gw ini dimulai 23 November 2009 lalu, ketika itu jam 11.00 gw ngelaksanain Seminar Proyek Akhir. Hampir 1 tahun gw "jalan di tempat" ga ada progress.

    Dan bimsalabim jrengjreng (langsung ke sekitar hari H sidang PA) diumumin di jfakultas kalo gw sidang Senin, 17 Januari 2011 jam 11.00 WIB di Ruang Sidang B Fakultas Elektro Komunikasi.
    Gw inget banget kronologi2 H-X sidang.
    • 2-10 Januari 2011 : Masih tenang2 ajah dengan asumsi program & hardware gw berjalan normal, masih bisa nyanyi nyanyi
    • 11 Januari 2011 : Siang hari jam 11 ke lab, dan mendapatkan suatu kenihilan ngetes program sampe sekitar jam 5 sore. Waktu itu juga gw SMS Tata buat buru2 balik Bandung buat bantuin gw manipulasi alat (sempet kepikiran rencana busuk gitu) sekalian telp Pak Iswahyudi (pembimbing 2) buat curhat besok paginya. Abis itu tepar di kamar Dhika dengan perasaan ga tenang banget. Berkecamuk antara gw dah daftar sidang dan alat gw belom bisa jalan sama sekali. Malemnya gw putusin ke lab lagi jam 8 dan gw otak-atik program dan alhamdulillah akhirnya sedikit program gw bisa jalan buat proses scanning KTM
    • 12 Januari 2011 : Optimis ngerjain ke lab dan yg didapat di lab abis ketemu Mas Syamsul adalah alat gw gw divonis ga bisa jalan, haduuuhhhh. Tapi Alhamdulillah jalan Allah emang selalu ada aja, gw dipinjemin Mas Syamsul alat dia ngerjain PA dulu. Tapi tetep ajah harus ada rangkaian yang kurang dan harus gw beresin sendiri dalam tempo sesingkat-singkatnya (re:maksimal 2 hari)
    • 13-14 Januari 2011 : Fokus bikin alat yang kurang dan terus ngerjain program sambil terus2an ngetes apa yang udah jadi. Doa gw "Ya Allah aku selalu yakin kekuatan doa dan aku yakin Engkau pasti memberikan jalan untukku"
    • 15-16 Januari 2011 : Inget banget karena ini yang krusial dari gw ngerjain PA. Malem jam 8 gw ke lab dan emang gw niatin buat nginep di lab (yaiyalah udah Sabtu woooo Senin sidang alat belom beres) gw otak atik sendiri, Mas Syamsul baru ke lab jam 10. Start jam 8 dimulai dengan optimis, masuk jam 12 mulai hopeless, masuk jam 2 optimis lagi, masuk subuh alat gw masih ada yang ga beres, ditinggal sholat subuh. Abis sholat eksperimen lagi (tentunya masih dengan Mas Syamsul yang selalu setia ngebantu gw) dan waktu bersejarah itu datang. Jam 5.24 16 Januari 2011 alat gw bisa jalan sempurna tanpa piincang. Alhamdulillah ya Allah. Langsung balik pulang, tidur di rumah ampe jam 12, bangun tidur langsung beresin buku, bikin kotak buat PA gw terus beresin slide. Malemnya sambil belajar, tetep nonton United main
    Ini video dokumentasi alat canggih gw



    dan 17 Januari pun datang, deg deg degan. Sensasi masuk hari itu terasa hebat banget. Gw nyiapin semuanya buat sidang siangnya, Icha bantuin beli konsum gw sidang, Eka bantuin gw bawa alat ke kampus. Ini nih jersey yang gw pake buat sidang

    Tanpa basa basi lagi sidang dilaksanain. Sapu tangan yang gw bawa udah basah duluan sebelum mulai sidang menyeka keringat dingin gw. Dan jam 11.10 (inget banget gw) mulai dengan presentasi dilanjutin tanya jawab. 3 dosen penguji gw emang hebat. Apalagi duet maut Pak Junartho Halomoan sama Pak Inung Wijayanto, beeuuhhh tektoknya dapet banget. Gw dibikin mati kutu. Tapi yang ada dalam benak gw waktu itu cuma 1 kalimat "2 jam pasti berlalu" dan bermodal Bismillahi Tawakkaltu Alallah. Emang bener-bener gw dicecer selama sidang, gw dibikin mati kutu.
    Jam 12.30 sidang ditutup dan waktunya sidang tertutup. Gw dan para supporter (Anes Icha Dhika Eka Kutu Pojan) dipersilahkan keluar. Lama banget ada kali 15 menit sidang tertutup buat gw dan akhirnya gw dipanggil masuk buat dengerin putusan sidang. Jujur disitu gw ngrasa bakalan dapet kemungkinan terburuk. Dapet C ga sidang ulang ajah udah syukur banget, apalagi dapet B malah alhamdulillah banget. Dan Pak Efri (Ketua Sidang) membacakan hasilnya kurang lebihnya gini
    "Jadi kami sudah memutuskan hasil sidang. Menilik dari proses pengerjaan alat dan pelaksanaan sidang, kedalaman anda memahami materi kurang, judul dan tujuan anda kurang sejalan, maka kami memutuskan memberikan nilai 80,8 yang berarti indeks sidang anda A"
    Ya Allah gw terharu dengerin itu, ya Allah alhamdulillah. Papa ini kado dari Dimas buat ultah papa yang ke 48 tanggal 7 Januari 2011 lalu. Seketika itu juga gw telp mama papa, meneteslah air mata ini. I love you Mom, I love you Dad. Ga puas cuma telp, SMS ke mama papa kaya gini
    "Pertanyaan pembantaian dosen penguji emang ga simpel waktu sidang, tapi doa mama papa jauh lebih ga simpel buat doain kesuksesan Dimas. Makasih buat semuanya ya ma, pa :) hasil sidangku kali ini Dimas dedikasikan khusus buat kado ultah papa yang ke 48 kemaren.. Makasih ya ma, pa"
    Ya Allah terima kasih telah memberikan suatu hasil yang sesuai dengan harapan.
    Ini ocehan anak-anak di twitter pra sidang yang nyemangatin, pas sidang pun masih pada ngoceh di twitter, dan celebration.























    Dan inilah lembar persembahan dan ucapan terima kasih di buku PA gw

    LEMBAR PERSEMBAHAN

    Proyek Akhir ini aku persembahkan untuk mama papa tercinta, dua adikku tersayang, dan seluruh keluarga besarku

    Terima kasih untuk semua dukungan baik secara moril maupun materi Terimakasih telah membesarkan dan mendidikku hingga aku bisa menjadi seorang yang bisa berdiri tegak dan berguna seperti saat ini

    Semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT

    Kelulusanku ini aku dedikasikan sebagai kado special untuk ulang tahun papa yang ke 48 tanggal 7 Januari 2011.

    Love you mom… Love you dad… Love you brothers…

    Dear Si sulung,
    Muhammad Dimas Gilang Fajar Alfarizi


    UCAPAN TERIMA KASIH

    Syukur Alhamdulillah, penulis persembahkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa mencurahkan taufik, hidayah, dan inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Proyek Akhir yang berjudul Rancang Bangun Locker Learning Center IT TELKOM Berbasis RFID (Radio Frequency Identification) dan Microcontroller ATMEGA 8535 untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan pada program Diploma 3 Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom.
    Dalam menyelesaikan proyek akhir ini, penulis sangat menyadari bahwa tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, proyek akhir ini tidak akan terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada:
    1.         Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Penyayang, yang telah melimpahkan seluruh rahmat dan hidayahNya sehingga Proyek Akhir ini dapat selesai.
    2.         Untuk mama dan papa tercinta, Ibunda Khalimatus Sa’diyah dan Bapak Yayat Hidayat, yang dengan penuh kasih sayang memberikan semangat dan dukungan moral maupun materi serta doa setiap waktu. Kelulusan ini Dimas dedikasikan untuk mama papa, spesial buat papa yang ulang tahun ke 48 tanggal 7 Januari 2011. Rabbighfirlii waliwalidayya warhamhumaa kamma robbayani saghiira.
    3.         Adikku tercinta M.H. Bagoes Maulana dan M. Defryan Tridya Isfandi serta seluruh keluarga besar di Sidoarjo dan Serang yang senantiasa mendoakanku. Terima kasih untuk doanya, semoga semua keluargaku sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin
    4.         Bapak Joko Haryatno, Ir., M.T. dan Bapak Iswahyudi Hidayat, S.T., M.T. sebagai dosen Pembimbing I dan II, yang dengan sabar membimbing penulis dalam penyelesaian proyek akhir ini.
    5.         Bapak Dr. Ir. Rendy Munadi selaku dosen wali, terima kasih untuk bimbingan, saran, dan nasehatnya selama menjalani studi di IT Telkom.
    6.         Sekali lagi aku dedikasikan kelulusanku ini untuk papa tersayang yang ulang tahun ke 48 tanggal 7 Januari 2011. Pa ini kado ulang tahun buat papa dari Dimas. Pa, ma, maafin Dimas harus molor kuliah. Kelulusan ini Dimas syukuri banget, Alhamdulillah hasil siding sesuai harapan, makasih dukungan moril dan materi dari mama papa selama ini. Dimas termasuk anak yang beruntung banget punya orang tua seperti mama papa. I Mama Papa.
    7.         Buat semua anak Laboratorium Mikroposessor dan Antarmuka IT Telkom, Majit, Fardadi, Adam, Lucki, Yasho, Sally, Tata, dll. Spesial banget buat Mas Samsul yang udah ngasih pencerahan dan ngedampingin bikin alat, program, troubleshooting di detik-detik akhir mau sidang. Makasih juga buat semua pinjaman alatnya.
    8.         Spesial thank’s to Yasho Maladhi (D3TT-31-01) yang udah ngebantu dari sisi hardware maupun program.
    9.         Spesial juga buat Chandra ‘ncek’ Sulistianto (Olimpiade IT Telkom 2010) yang sering gw repotin buat ngebor, bikin schematic, bikin kotak acrylic. Sukses buat kuliah lo cek.
    10.     Thanks juga buat Muhammad Mufthi ‘tata’ Awaluddin yang dah ngluangin waktu buat bantu gw troubleshooting alat. Sukses buat TA lo ta!!!
    11.     Sahabat-sahabat gw tersayang Anes, Arie, dan Indra. Makasih buat dukungannya selama ini. Kalian selalu memberikan motivasi lebih buat gw.
    12.     Sahabat gw dari bangku SD sampe sekarang, Dedy “nthoenk” Fitranto. SD sekelas, SMP tetep satu sekolah, SMA tiga tahun sekelas, dan sampe kuliahpun tetep sama-sama D3. Ayo le sukses bareng. Kene kudu sukses!!! Gawe bangga Bapak-Ibu Papa-Mama.Ojo lali golek jodoh sing bener. J
    13.     Spesial buat Rosikhah Al-Maris @rosevioly yang selalu ngingetin buat sholat, buat mandi, berdoa, nyuruh bikin slide dan selalu ngebangunin tiap pagi. Makasih ya Ochi. 
    14.     Thanks juga buat dua orang temen gw yang selalu nemenin galau di twitter, @deaddienthoenk dan @shintacandra .
    15.     Spesial buat Chairunnisya Doneva yang selalu memberikan support, doa dan jadi ajang curhat kegalauan mengerjakan proyek akhir ini. Semoga lo juga sukses menjalani studi di kampus ini dan jangan molor kaya gw. Thanks ya dudulz
    16.     Thanks juga buat Widya ‘udde’ Kusuma Rini yang ngasih support dan ngedoain gw, yang bisa bikin gw ketawa sama kelakuan kocak lo. Semangat menjalani kuliah lo, beresin tuh si monstroblaster. Good luck.
    17.     Buat Adhinata ‘Kutu’ Kurniawan, nuhun nyak buat perjuangan bersamanya. Good luck buat lo tu!!!
    18.     Gak lupa buat Annisa Sarah yang nyemangatin gw lewat YM.
    19.     Buat Khairunnisa Alhumaira ‘my partner’ thanks yah dah bantuin ngurusin konsumsi siding gw. Buat Pojan Dhika Eka Aness Kutu thanks yah dah jadi saksi hidup pembantaian gw di Ruang Sidang B Fakultas ELKO.
    20.     Teman-teman D3TT-31-01 serta D3TT-31-Transmisi untuk kerjasama dan bantuannya selama ini. Lucki, Angga, Nur, Yolen, Yogi, Nindya, Dzik, Rahmad, Naufal, Benediktus, Galih, Antok, Agus, Yayan, Yasho, Jenggot, Ragil, Plenyun, dll. Senyuman dan kenakalan kalian tidak akan terlupakan.
    21.     Penghuni “rumah abu-abu” yang selalu ngingetin dan bangunin gw tiap pagi untuk segera mengejar cita-cita. Dhika feat Icha, Diaz, Eka, Agil feat Hanong, Yuris, Tikung feat Hani, Bleki, special buat temen sekamar gw si Kemal feat Riana yang selalu memberikan support meskipun kadang-kadang lo juga ngegame mulu kerjaannya.
    22.     Keluarga Besar Olimpiade IT Telkom yang terus memberikan semangat serta selalu mengingatkan akan kelulusan gw ini. Imam, Dessy, Echi, Nesya, Aya, Ika, Windha, Bagong, Danang, Bejo, Firza, Viman, Opank, Naresh, Ame dll. Lo semua keluarga gw, lo semua bagian hidup gw, lo semua yang selalu ngisi canda tawa dalam hidup gw selama di Bandung. Thanks yack keluargaku.
    23.     Temen-temen SMA gw yang selalu memberikan semangat dan mengajak berlomba untuk segera lulus, sukses dan segera mencari pendamping hidup. Shinta Candra, Dedy Fitranto, teman sebangku gw dulu Kemal Radhytia, Ardian Firmansyah, Muh Saad, Santi Syamsiah, Sally Atya, dan masih banyak lagi mulai absen 1 sampe 43 dan Esida Reborn. ESIDA NEVER DIE!!!
    24.     Temen-temen gw di tim Gedung Bersejarah. Edwan © – Senna – Zaki – Dadan – Ardan – Agung – Suryo – Bara – Mahli – Okky – Mamat. Gak lupa buat manager tim Eki, Jojon, Ai. Thanks ya udah jadi bagian dari kehidupan futsal gw di kampus IT Telkom ini. Kalian adalah TIM JUARA di hati gw. Berjuang untuk satu nama Gedung Bersejarah, wooiiii. Berjuang untuk satu nama Historical Army Army Army.
    25.     Untuk SC Olimpiade IT Telkom 2011 Kemal, Imam, Ana, Icha, Bagong, Indra, Fella, Ayu, Adim, Dessy, Jojon, Evan, Lies . Gak lupa buat semua OC yang nantinya bakal ketrima, thanks banget buat doa dan supportnya. Kita adalah keluarga dan tidak ada yang namanya mantan keluarga.
    26.     Kawan-kawan di twitter yang selalu memberikan support @annisasarah, @nevaume, @rumahabuabu, @monooll, @muftata, @dhikanugroho, @alnisahumaira, @diazjojoo, @ferdianagil, @andrinihana, @muftata, @ekaasutrisno, @yyuriss, @anggaraanov, @faridzz, @ayudewati, @kemalakbar, @chairhaniputri, @rafrinne, @ayudewati, @dimasjojon, @dimastris, @anessdytha, @rizky_hakim, @rianarisnawati, @triianaputri, @nayesh, @bubbleisme, @dinar_angga, @ifincepod, @aswindha, @sennaws, @wijatnaka_okky, @deaddienthoenk, @shintacandra, @rosevioly, @indrastyawan, @anessdytha, @brianaditia, @TaraLukita, @futuhhilmi, @arbyyasin, @Arya_9, @ale_pato, @vegaaristyanto, @tiffajenk, @opansky, @aghniabella, @ojezzarra, @Syahrizki, @ahsanjr, @aniesvarani, @sepatujebol, dan masih banyak lagi. Thanks buat support kalian.

    Keterbatasan waktu dan tempat membuat penulis tidak bisa mencantumkan semua teman, sahabat, dan saudara lain yang tentu juga sangat membantu dalam menyelesaikan Proyek Akhir ini. Penulis memahami bahwa ucapan terima kasih saja tidak mampu membalas jasa kalian semua. Penulis hanya bisa berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua, kebahagiaan dunia maupun akhirat, amin ya robbal ‘alamin.
    Selalu ingatlah bahwa “hasil akan selalu sebanding dengan usaha yang sudah kita lakukan”. Allah Maha Adil.

    link PA saya

  • 10 komentar:

    1. selamat yaa Dimas Alfarizi (nama yg lebih panjang lagi gak hapal) -_-"

      Selamat akhirnya bia ngasih kado terindah buat Papa ^^

      Selamat akhirnya perjuangan panjangnya gak sia2 dan berbuah maksimal

      Selamat sudah bisa menyelaraskan antara usaha dan doa

      Selamat karena ternyata banyak orang2 yang sayank dan selalu mendoakan yang terbaik buat kamu...

      dan Terimakasih untuk sudah menyelipkan namaku ditengah teman2 yang lainya ^^
      no. 13 (13 itu tanggalku sidang lhoooo)
      makasih yaa, tersanjuuung dan terharuuuu huhuhu

      BalasHapus
    2. Muhammad Dimas Gilang Fajar Alfarizi A.Md.
      (padahal baru tau arti namaku hehehee)
      Alhamdulillah papa makasih banget ke aku buat kado spesialnya

      Alhamdulillah emang hasil bakalan sebanding ma usaha kok :)

      Semua yang aku tulis disitu emang semua orang yang support aku selama ngerjain PA cii...

      hehehee sellooooww cii.. congratz juga buat kamu... Rosikhah Al-maris S.Kp.
      kalo masalah nomor 13 itu hanyalah suatu ketidak sengajaan saja hehee

      BalasHapus
    3. oke, Muhammad Dimas Gilang Fajar Alfarizi A.Md.
      (copas dr atas)
      hihihi

      kurang e dimaaaaaas, Rosikhah Al-Maris, SKep
      ok? ;p

      BalasHapus
    4. aahhhh ga asik ahhhh ga apal namaku..hahaa
      habis ini mau ngepost tentang nama ku ahhh hahahhahaaaa

      oowwhhh SKep

      BalasHapus
    5. nahh, iyaa tuhhh...
      ceritain gimana ceritanya bisa panjang gt, apa artinya...
      -_-" meskipun km jg baru tau sebenernya...

      BalasHapus
    6. waahh ga tau tuh, doa mama papa banyak banget kali ya buat anak pertamanya yang cakep ini (kata mama papa sih gitu hehee)

      Muhammad = Nabi
      Dimas = Nama jawa laki-laki dari adimas, kalo perempuan kan diajeng
      Gilang = Dari kata gemilang (gilang gemilang)
      Fajar = Aku lahir pagi
      Alfarizi = Kemenangan

      BalasHapus
    7. nah lhoo, klo dirangkai jd 1 apa tu artinya?

      yg diedit bagian jersey itu y?

      BalasHapus
    8. wwaaahhh gatau deh, mungkin doa mama papa buat anak pertama itu intinya pengen bermasa depan yang cerah, ga malu2in orang tua

      iya itu doang hehehee

      BalasHapus
    9. baiklah..
      apa itu tekad? (bener gak nih tulisannya tekad, pakek T? atau D? atau tekhat? atau tekhadd?)
      -_-"

      secara keseluruhan Bravo deh, gimana ceritanya tu alat bisa ada bunyinya tit tit sama bisa nyala kayak gt, out of my mind
      *tepuk tangan*

      BalasHapus
    10. alat itu tuh pake scanning KTM (tag card) discan di RFID (Radio Frequency Identification) kalo masih ga ngerti RFID mending googling ajah heheheee
      bunyi tit tit itu tandanya scan diterima, terus hasil olahan scan dimasukkan ke mikro master, terus diolah dan manggil loker mana yang harus dibuka

      BalasHapus

    ADDRESS

    Bandung, Jawa Barat, Indonesia

    EMAIL

    muhdimasgfa@yahoo.com

    TELEPHONE

    +62 (ask)

    MOBILE

    +62 (ask)